top of page

Bantu Anak Anda Untuk Dapat Membuat Pilihan yang Baik


This is how we do it

Pastinya Anda menginginkan apa yang terbaik untuk anak-anak Anda - agar mereka tumbuh menjadi orang mandiri dan kemandirian yang akan mampu membuat pilihan terbaik untuk diri mereka sepanjang hidup mereka. Permulaan keterampilan itu dimulai sejak usia dua tahun. Penting untuk berbicara dengan anak Anda tentang membuat keputusan yang baik.

MEMBUAT KEPUTUSAN

Adalah keinginan semua orang dewasa dalam kehidupan berkeluarga terutama untuk mengetahui bagaimana mempersiapkan dan mendukung perkembangan kemampuan anak-anak untuk tumbuh dalam hal mengambil keputusan. Ahli perkembangan anak mengatakan bahwa balita dan anak-anak prasekolah memiliki kebutuhan untuk mengalami diri mereka sebagai "pribadi mandiri" atau memiliki kesadaran akan kemampuan dan kekuatan mereka sendiri. Inilah sebabnya mengapa anak berusia dua tahun suka mengatakan "Tidak!". Mereka mulai menyadari bahwa mereka memiliki kendali atau pilihan atas situasi di mana mereka berada.

Penting bagi kita untuk menghormati keinginan "tidak" dari anak kita untuk beberapa waktu sehingga mereka memiliki pengalaman yang sehat atas kekuatan mereka sendiri. Kemudian, ketika mereka masih remaja, anak-anak yang memiliki pengalaman awal tentang diri mereka sendiri sebagai orang-orang yang pilihannya dihormati, akan menjadi orang-orang yang mampu mengatakan "tidak" ketika seorang rekan mendorong mereka untuk melakukan sesuatu yang mungkin tidak mereka inginkan.

Mengambil contoh, kehidupan masyarakat Amerika kontemporer yang memiliki banyak contoh dari orang tua yang tampaknya ingin menjadi teman anak mereka dan tidak pernah mengatakan "tidak". Hal ini membuat anak-anak memiliki pandangan yang kurang tepat dalam hal pengambilan keputusan, bahwa pilihan mereka selalu benar dan mereka tidak perlu menghormati orang dewasa.

Pakar pengembangan anak (termasuk generasi senior kita) tahu bahwa anak-anak membutuhkan batasan dan batasan yang ditetapkan oleh orang dewasa. Beberapa orang tua mungkin merasa bersalah atau sedih jika anak-anak mereka tidak atau belum mengerti dalam mengambil keputusan yang terbaik untuk kehidupan mereka, namun perasaan ini seharusnya tidak menggoyahkan orang tua dalam menerapkan pendidikan keluarga yang baik. Orang tua wajib secara efektif harus selalu berusaha untuk menemukan keseimbangan yang sehat antara keputusan anak-anak dan orang dewasa dalam kehidupan anak-anak mereka.

Berikut ini beberapa cara tepat untuk melatih anak-anak Anda untuk membuat pilihan :

  • Meminta sepatu mana yang ingin mereka pakai atau kemeja mana yang ingin mereka kenakan

  • Melibatkan mereka dalam keputusan keluarga, seperti kemana harus pergi berlibur

  • Membiarkan mereka membantu memutuskan menu untuk makan malam

  • Membiarkan mereka memilih cerita tidur mereka (bahkan jika Anda sudah membacanya sejuta kali dan muak dengan itu!)

MEMBUAT KEPUTUSAN YANG BAIK

Memberi anak kesempatan untuk membuat pilihan sangat lah penting, namun bagaimana kita dapat membantu mereka membuat pilihan yang baik?

Biarkan anak prasekolah dan anak usia sekolah Anda mengambil keputusan bahkan jika Anda pikir mereka akan melakukan kesalahan. Tidak apa-apa membiarkan anak Anda merasakan gagal sekali waktu. Begitulah cara alami manusia dalam belajar sesuatu dan berbuat lebih baik. Kita tidak bisa benar-benar belajar benar dari yang salah jika kita tidak pernah mengalami pilihan yang salah.

Melakukan sesuatu hanya karena orang dewasa "bilang begitu" tidak membantu kita menjadi mandiri. Seringkali atas dasar cinta, kita sering sekali ingin melindungi anak-anak kita dari kegagalan tapi ini tidak selalu merupakan hal yang baik. Bantu anak Anda menjadi "ilmuwan" di laboratorium kehidupan mereka sendiri. Para ilmuwan membuat prediksi, menguji prediksi mereka kemudian merenungkan hasilnya kemudian untuk melihat apakah mereka benar.

Bantu anak-anak memikirkan kemungkinan hasil pilihan mereka sebelumnya tanpa memberi tahu mereka pilihan mana yang menurut Anda harus mereka buat. Setelah itu, tanpa mengatakan "Tuh kan, tidak dengar apa kata orang tua sih !" bantulah mereka merenungkan apa yang terjadi dan hal berbeda apa yang dapat mereka lakukan di kesempatan berikutnya, ini adalah model pengambilan keputusan yang baik untuk mereka.

Buatlah pilihan yang baik dalam hidup Anda sendiri dan tunjukkan pada anak Anda saat Anda melakukannya. Misalnya, Anda mungkin mengatakan "Papa tidak akan memakan camilan itu, karena sebentar lagi jam makan dan akan merusak nafsu makan Papa" atau "Papa akan mengatakan kata yang buruk sekarang tentang pengemudi di mobil di depan kita tapi papa tidak akan melakukannya ".

Filosofi Penduduk Asli American meminta orang dewasa untuk tidak membuat pilihan berdasarkan pada apa yang mereka anggap terbaik bagi anak-anak mereka sendiri, tetapi mereka harus memikirkan apa yang menjadi kepentingan terbaik bagi keturunan mereka tujuh generasi dari sekarang.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page